Jika Ada Iklan Di Blog Saya Mohon Di Klik Ok
™[]Klik Judul postingan untuk melihat Isi selengkapnya!![]™

Selasa, 27 Desember 2011

Remaja, Jejaring Sosial dan BlackBerry

Posted by Never Flat Community 23.59, under | No comments

    
Sudah tidak dipungkiri lagi, kehidupan kita sangat lekat dengan kemajuan teknologi, apalagi dikalangan remaja yang sangat berpengaruh pada kemajuan teknologi suatu negara. Sekitar tahun 2000-an internet sudah mulai dikenal oleh masyarakat kita, dengan semakin banyak pengguna internet muncul lah jejaring-jejaring sosial. Semakin lama jejaring sosial berkembang sangat pesat, antara lain Facebook, Twitter, Friendster MySpace dan banyak lagi. Jejaring sosial mempunyai  fungsi utama yaitu untuk menjalin pertemanan atau berhubungan dengan orang lain diseluruh dunia melalui akun di jejaringan sosial tanpa harus bertatap muka langsung dan menempuh jarak yang jauh. Jelas, kalangan remaja lah yang pertama kali mengenal dan berlomba-lomba membuat akun dijejaring sosial yang disaat itu sedang mempunyai banyak pengguna.
Fungsi dari jejaring sosial memang sangat bermanfaat di era globalisasi seperti ini, semakin lama fungsi jejaring sosial pun bertambah. Contohnya, jejaring sosial Facebook. Selain kita dapat menambah teman dari lain sekolah, lain kota atau lain negara, dengan facebook kita bisa memasukkan dan berbagi foto atau apapun dengan pengguna Facebook lainnya, Facebook juga menyediakan permainan-permainan online untuk para penggunanya, dan banyak juga yang memanfaatkan Facebook sebagai lahan bisnis untuk menjual berbagai macam barang dengan transaksi online. Menurut mereka, berbisnis di Facebook sangatlah membantu karena lebih mudah untuk mempromosikan barang-barang yang akan mereka jual dan bisa melakukan transaksi kapan saja. Begitu juga para pembeli atau pengguna Facebook yang suka berbelanja, melalui Facebook mereka juga tidak harus capek-capek pergi ke toko untuk sekedar melihat-lihat barang atau membeli barang, transaksi juga lebih mudah, dan barang-barang yang dibeli pun mempunyai kualitas yang tidak kalah baik dengan yang ada ditoko-toko biasa. Yah, memang dengan mudahnya transaksi yang dilakukan kita tetap harus berhati-hati sewaktu melakukan transaksi. Karena semakin banyak kegunaannya, saat ini sudah banyak pengguna Facebook dari kalangan orangtua dan anak-anak, bahkan yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar.  
Lain halnya dengan jejaring sosial Twitter yang akhir-akhir ini kebanjiran pengguna baru dan menjadi tren, meskipun pada dasarnya Twitter mempunyai fungsi yang sama dengan Facebook, para pengguna jejaring sosial ini tidak dapat berbagi foto, bermain permainan, atau berbisnis. Twitter lebih digunakan untuk sekedar berbincang-bincang melalui akun dengan cara memention pengguna lain. Kelebihan Twitter bagi para penggunanya yang hampir semua adalah remaja, yaitu mereka bisa mendapat informasi lebih cepat tentang pembicaraan apa yang sedang tren didunia, mendukung acara, artis atau apapun. Para remaja juga menggunakan akunnya untuk menulis apa yang sedang mereka lakuan, keberadaan mereka disuatu tempat atau curhat (mengungkapkan perasaan), dari masalah pribadi, teman, sekolah, pacar hingga orangtua. Para remaja lebih memilih menggunakan Twitter, karena Twitter sifatnya lebih tertutup dibandingkan dengan Facebook, alasan lainnya adalah karena orangtua mereka tidak mempunyai akun dan belum mengerti cara menggunakan Twitter. Itu sudah membuktikan bahwa kehidupan sebagian besar remaja pada saat ini sudah sangat lekat pada jejaring sosial dan sudah menjadi bagian dari hidup mereka.
            Maraknya penggunaan jejaring sosial, memicu perusahan telefon genggam, BlackBerry, mengeluarkan telefon genggam, yaitu BlackBerry SmartPhone yang biasa kita sebut dengan sebutan BB. BB hadir dalam berbagai macam tipe bagi para pengguna internet. Telefon genggam ini dilengkapi keyboard yang mendukung dilengkapi tombol QWERTY seperti keyboard pada komputer, layar yang besar, dan fitur-fitur lengkap antara lain memori dengan kapasitas besar yang dapat menyimpan banyak data, BBm (BlackBerry Messenger) chat khusus pengguna BlackBerry, akses Wi-fi, akses BlackBerry yang sangat cepat serta fitur-fitur dasar lainnya seperti kamera, pemutar musik dan lain-lain. Dengan fitur-fitur yang sangat lengkap, BlackBerry sangat diincar oleh banyak orang, tidak terkecuali oleh para pelajar dan mahasiswa. Harga yang mahal tidak menjadi halangan bagi mereka yang sangat ingin memiliki ponsel pintar ini, demi mendapatkan kenyaman dari fitur-fitur yang diberikan oleh BlackBerry.
Saat ini, bisa dibilang sebagian besar remaja sudah menggunakan BlackBerry. Mereka mendapatkan banyak manfaat, dapat menghubungi teman lebih mudah, mengakses akun jejaring sosial atau blog mereka langsung ditangan mereka sendiri, mencari bahan pelajaran dari situs-situs diinternet tanpa harus merasa kurang nyaman atau terlihat kecil. Akan tetapi, lama-kelamaan remaja-remaja pengguna BlackBerry ini terkena dampak negatif. Bagaimana tidak? Dengan kemudahan yang diberikan oleh BlackBerry, para remaja menjadi autis. Autis bukan berarti mereka cacat dari lahir, tetapi berarti mereka tidak dapat berbuat apa-apa ketika sedang berkutat dengan BlackBerrynya, mereka akan selalu mengakses akun mereka, memeriksa apakah ada balasan atau pesan, atau bahkan hanya sekedar melihat-lihat akun mereka.  Dengan begitu secara tidak sadar mereka selalu mengutamakan dan terpaku pada BlackBerry mereka. Faktanya sudah sangat nyata, dimana-mana kita bisa temukan para pengguna BlackBerry  selalu membawa BlackBerry ditangan mereka kemanapun mereka pergi, membuka BlackBerry mereka sesering mungkin dan mengakses akun-akun mereka setiap saat bahkan disaat makan, tidur, dan didalam kelaspun. Kecelakaan yang disebabkan akibat pengguna jalan yang terlalu asik dengan BlackBerrynya juga sudah banyak terjadi. Hal inilah yang sangat menyedihkan dan mengkhawatirkan, terutama bagi para pelajar, mereka menjadi sangat tidak fokus dengan kewajibannya. Waktu mereka sehari-hari sebagian besar dihabiskan didepan BlackBerry.
Tidak hanya menjadi autis dan kehabisan waktu karena BlackBerry. Kenyataannya, penggunaan jejaring sosial diluar batas dan tidak semestinya, sudah menimbulkan banyak kasus dimana-mana, penculikan anak dibawah umur tingkat SMP dan SMA yang bermula dari Facebook sudah menelan banyak korban, banyak juga pengguna Facebook yang tidak mencantumkan data diri asli dan berujung pada masalah ke pengguna lain, pertengkaran yang disebabkan masalah kecil akibat kalimat-kalimat atau kata-kata yang menyinggung diakun jejaring sosial, menjalin hubungan dengan orang lain dijejaring sosial meskipun belum pernah bertemu langsung juga sudah menimbulkan masalah, para remaja juga merasa lebih nyaman menumpahkan isi hatinya didalam akun mereka daripada bercerita langsung ke orangtuanya.
Dengan adanya masalah-masalah yang timbul dan akibat penggunaan jejaring sosial dan ketergantungan para remaja pada BlackBerry, para remaja yaitu pelajar dan mahasiswa harus pintar-pintar menempatkan diri. Mereka harus sadar agar tidak diperbudak oleh kemajuan teknologi yang ada. Bukan berarti para remaja dilarang mengakses jejaring sosial dan menggunakan BlackBerry, mereka hanya harus tetap memproiritaskan kewajiban mereka, dengan selalu mengingat waktu, menahan diri, dan tetap menjalin pertemanan dan hubungan secara langsung didunia nyata. Hubungan dengan orang tuapun juga harus selalu dijaga karena bagaimanapun diusia remaja ini kita susah menahan diri kita sendiri apalagi di era-globalisasi seperti ini dimana kemajuan teknologi sangat pesat.
Kemajuan teknologi diciptakan untuk membantu atau mempermudah manusia bukan merusak atau menimbulkan masalah. Jadi, manfaatkanlah kemajuan teknologi sebaik mungkin untuk dirimu dan orang lain, dan jangan sampai terpengaruh oleh hal-hal negatif akibat kemajuan teknologi.


0 komentar:

Posting Komentar